To My Class

When The World Knows

Indonesia kenapa marah?

Kasus Ambalat, Klaim Reog, Klaim Batik, Klaim lagu, Klaim Angklung… waktu itu kayanya hati panas, emosi, marah, sebel dengan Malaysia yang seenaknya mengklaim kekayaan negara Indonesia menjadi milik Malaysia.

Tapi setelah kasus Tari pendet muncul… aku berpikir lagi secara mendasar…

Kalo budaya kita dikenal, digemari, disukai, bahkan dipraktekkan oleh orang lain, Saya akan bangga bahwa budaya kita digemari ditempat bukan budaya itu lahir.

Artinya, kenapa kita harus marah, sebal, emosi sampai harus ada kata “ganyang malaysia”, kalau memang kebudayaan Indonesia itu memang sangat disukai bukan saja oleh turis mancanegara bahkan tetangga serumpun kagum dengan kebudayaan kita. Kalau Malaysia sampai mengklaim bahwa itu semua kebudayaan mereka.. coba kita intropeksi ke diri kita, apakah kita sudah benar-benar melestarikan budaya kita. Kita terlalu mengganggap sepele masalah budaya. Budaya dianggap nomer terakhir dalam rencana pembangunan. Politik, ekonomi menjadi prioritas. Akhirnya apa? setelah kita lalai terhadap pelestarian dan paten budaya dan budaya kita di klaim oleh Malaysia kita marah.

Tidak ada kata telambat, dimulai dari diri kita sendiri saja untuk lebih menggunakan produk dan budaya Indonesia. Pemerintah juga jangan terlalu lama untuk melakukan proses paten budaya.

Jadi… budaya ternyata bisa dijadikan komiditi bangsa, baik dari turis yang ingin menikmati maupun produk budaya Indonesia…  jadi mulai sekarang bernyanyilah lagu o ni na ni ke ke, pakailah batik dan tenun, dan say i love indonesia….

Lihat ke bangsa kita,

No comments yet»

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: