To My Class

When The World Knows

Teori Agenda Setting

Dari beberapa asumsi mengenai efek komunikasi massa, satu yang bertahan dan bekembang dewasa ini menganggap bahwa media massa dengan memberikan perhatian pada issue tertentu dan mengabaikan yang lainnya, akan memiliki pengaruh terhada[ pendapat umum. Orang akan cenderung mengetahui tentang hal-hal yang di beritakan media massa terhadap isu-isu yang berbeda.
Teoritisi utama agenda setting adalah Maxwell McCombs dan Donald shaw. Mereka menuliskan bahwa audience tidak hanya mempelajari berita-berita dalam hal-hal lainnya melalui media massa, tetapi juga mempelajari seberapa besar arti penting diberikan pada suatu isu topik dari cara media massa memberikan penekanan terhadap topik tersebut. Misalnya dalam merefleksikan apa yang dikatakan oleh para kandidat dalam suatu kampanye pemilu, media massa terlihat menentukan mana yang topik yang penting.
Asumsi Agenda Setting ini memiliki kelebihan karena mudah dipahami dan relative mudah untuk diuji. Dasar pemikirannya adalah diantara berbagai topic yang dimuat media massa, topic yang mendapat lebih banyak perhatian dari media akan menjadi lebih akrab bagi pembacanya dan akan dianggap penting dalam suatu periode waktu tertentu, dan akan terjadi sebaliknya bagi topik yang kurang mendapat perhatian dari media.
Pada tahun 1976, McCombs dan Shaw mengambil kasus Watergate sebagai ilustrasi dari fungsi agenda setting. Mereka menunjukkan bahwa sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru dalam mengungkap kasus politik yang korup, tetapi pemberitaan surat kabar yang sangat intensif dan diikuti oleh penayangan dengar pendapat di dewn perwakilan melalui televise, telah membuat kasus Watergate menjadi ‘topic of the year’.

8 Comments»

  dayhilt wrote @

gak ada penjelasan lain,bu?

  Ara wrote @

Saya baca bukunya Griffin tentang Agenda Seting Theory, ada Framing: Transfer the Salience of Attribute. Bisa dijelaskan?
Trus kritik apa saja yang muncul berkaitan dengan teori ini?

  Zulfi wrote @

makasih bu…

*numpang ngopi*

  good wrote @

THANKS,,,,,,,,,,,,,

  Marahthul ishlah wrote @

bisa dijelaskan tidak perbandingan dengan teori-teori lainnya?
soalnya kalau udah dapat soal untuk analisis saya sering kurang bisa membedakannya.

  Septi Agusning Kuswandari wrote @

Media massa seringkali menentukan sudut pandang yang biasanya mempengaruhi persepsi masyarakat. Maka dari itu, media massa harus selektif dalam memilih dan menyajikan berita atau informasi yang baik bagi semua kalangan.

  Niko Ramandhana wrote @

di negeri ini, agenda setting selalu dipergunakan untuk mengalihkan suatu isu topik berita agar tidak terekspose lagi oleh media, sehingga khalayak mengacuhkan dan gak peduli dengan isu tersebut.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: