To My Class

When The World Knows

Budaya Pop

Ada sejumlah cara penggunaan istilah budaya pop. Sebagai contoh, ini bisa merujuk pada bahwa apa yang ‘ditinggalkan’ setelah standard budaya tinggi telah diputuskan berdasarkan atau untuk budaya yang diproduksi-massal oleh industri budaya. Perspektif ini senada dengan karya Leavis dan Adorno yang memandang budaya pop sebagai sesuatu yang lebih rendah dari partenernya dalam pembagian biner. Dalam memikirkan kebudayaan secara lebih serius.
Pemahaman budaya pop yang dianut oleh kritikus yang tidak menyukai budaya komoditas namun tidak ingin mengutuk sepenuhnya budaya ini adalah mempertentangkan budaya massa dengan budaya rakyat yang dihasilkan oleh masyarakat.
Budaya pop terutama adalah suatu budaya yang diproduksi secara komersial dan tidak ada alas an untuk berpikir bahwa tampaknya ia akan berubah di masa yang akan datang. Namun dikatakan bahwa audien pop menciptakan makna mereka sendiri melalui teks budaya pop dan melahirkan kompetensi budaya dan sumber daya diskursif mereka sendiri. Budaya pop dipandang sebagai makna dan praktik yang dihasilkan oleh audien pop pada saat konsumsi dan studi budaya pop terpusat paa bagian yang digunakan.

1 Comment»

  dayat hilton, kom’06 unib wrote @

akhirnya, aku dapet juga literatur tentang budaya pop. kemarin sempat bingung tentang bdy pop. fuiihhh, penjelasan temen saya, bayu, ternyata salah ya. uhh doi tuch emang suka sok tau dan menggurui orang dech. thanks ya bu!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: