To My Class

When The World Knows

Proses KomMas

Proses Komunikasi Massa

 

          I          Pengertian Komunikasi Massa

Pengertian komunikasi massa disini adalah bagian-bagian yang terpenting dan mutlak harus ada pada suatu keseluruhan atau kesatuan. Wilburr Schramm mengatakan bahwa utnuk berlangsungnya suatu kegiatan komunikasi, minimal diperlukan tiga komponen yaitu source, message, destination atau komunikator, pesan dan komunikan.

Pengertian proses komunikasi pada hakekatnya merupakan proses pengoperan lambing-lambang yang berarti, yang dilakukan melalui saluran (channel), biasanya dikenal dengan media printed (press), media auditif (radio), media visual (gambar, lukisan) atau media audio visual (televisi dan film). Yang dimaksud media disini adalah alat yang dapat digunakan untuk mencapai massa (sejumlah orang yang tidak terbatas). Dari uraian tersebut dijelaskan bahwa komunikasi massa merupakan suatu proses yang melukiskan bagaimana komunikator menggunakan teknologi media massa secara proposional guna menyebarluaskan pesannya melampaui jarak untuk mempengaruhi khalayak dalam jumlah yang banyak.

Severin mengemukakan bahwa pengertian komunikasi massa pada intinya merupakan komunikasi yang menggunakan saluran (media) untuk menghubungkan komunikator dengan komunikan secara missal, bertempat tinggal jauh, heterogen, anonim dan menimbulkan efek-efek tertentu.

Harold D Laswell yang sangat terkenal dengan teori dan penelitian komunikasi massa. Mengungkapkan suatu formula dalam menentukan scientific study dari suatu proses komunikasi massa dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:

 

WHO

SAYS WHAT

IN WHICH CHANNEL

TO WHOM

WITH WHAT EFFECT

Siapa

Pesan/Informasi

Media

Kepada Siapa

Efek

Komunikator

Pesan

Media        

Penerima

Efek

Control Studies

Analisa Pesan

Analisa Media

Analisa Khalayak

Analisa Efek

 

Claude D. Shannon dan Warren Weaver dalam bukunya “Theories of  Mass Communication” digambarkan sebagai proses linier dan searah. Pesan digambarkan mengalir dari sumber informasi (information source) melalui beberapa komponen menuju kepada komunikan. Dalam proses komunikasi ini terdapat 5 (lima) komponen termasuk satu komponen yaitu noise (gangguan).

           

       Sumber Inf                  Transmitter                    Penerima                     Tujuan

       (Inf Source)                                                                  (Receiver)             (Destination)

 

Sumber Gangguan

 

 

 

 

             Gambar diatas menunjukkan bahwa sumber informasi menciptakan sebuah pesan utnuk dikomunikasikan. Pesan diubah ke dalam bentuk sinyal sesuai dengan saluran yang akan digunakan. Pesan yang diterima diteruskan melalui saluran kepada penerima. Saluran adalah media yang dapat menyalurkan isyarat dari pemancar kepada penerima. Penerima menyusun kembali sinyal tersebut menjadi sebuah pesan sehingga sampai kepada tujuan. Sementara dalam perjalanannya, sinyal memiliki potensi untuk terganggu oleh berbagai sumber gangguan.

No comments yet»

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: